Web Design

Tujuan Instruksional Khusus:

Dalam materi tentang desain website ini diharapkan Anda akan mampu untuk:

  • Mendefinisikan kembali proses dan factor-faktor yang terlibat dalam perancangan suatu website
  • Menjelaskan dan memberikan conto-contoh website yang melalui proses perancangan

Web Design adalah keahlian menciptakan konten presentasi (biasanya hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna-akhir melalui World Wide Web, melalui Web browser atau Web-enabled lain perangkat lunak seperti televisi internet klien, klien dan Microblogging RSS pembaca.
Web design adalah semacam desain grafis yang ditujukan untuk pengembangan dan style objek informasi Intenet untuk menyediakan mereka dengan konsumen high-end fitur dan kualitas estetika. Memisahkan definisi yang ditawarkan web design dari web programming, yakni lebih menekankan fitur fungsional dari sebuah situs web, serta web desain posisi sebagai semacam desain grafis. [1]

Proses merancang halaman web, situs web, aplikasi web atau multimedia untuk Web dapat memanfaatkan berbagai disiplin ilmu, seperti animasi, authoring, desain komunikasi, identitas korporat, desain grafis, interaksi manusia-komputer, informasi arsitektur, desain interaksi, pemasaran, fotografi, mesin pencari optimasi dan tipografi. Hal-hal tersebut dapat terangkum dalam bidang kerja sebagai berikut:

  • Markup bahasa (misalnya HTML, XHTML dan XML)
  • Lembar gaya bahasa (seperti CSS dan XSL)
  • Client-side scripting (seperti JavaScript)
  • Server-side scripting (seperti PHP dan ASP)
  • Database teknologi (seperti MySQL dan PostgreSQL)
  • Multimedia teknologi (seperti Flash dan Silverlight)

Halaman web dan situs web dapat halaman statis, atau dapat diprogram untuk halaman dinamis yang secara otomatis mengadaptasi konten atau tampilan visual tergantung pada berbagai faktor, seperti masukan dari pengguna akhir, masukan dari para Webmaster atau perubahan dalam komputasi lingkungan (seperti situs yang terkait dengan database yang telah diubah).

Dengan berkembangnya spesialisasi dalam desain komunikasi dan teknologi informasi bidang, ada kecenderungan kuat untuk menarik garis yang jelas antara desain web khusus untuk halaman web dan pengembangan web untuk logistik secara keseluruhan dari semua layanan berbasis web.

Referensi:

Iklan

7 Responses to Web Design

  1. johan alfariz 16.00046 says:

    Pak Priyo, langkah-langkah untuk membuat website e-Learningnya belum ada ya?
    terima kasih

    • Di materi ketiga tentang tutorial WordPress sebagai WCMS, coba anda perhatikan proses pembuatannya di Video atau Anda Download yang file PDF. Itu berarti Anda sudah separuh membuat Website e-Learning. Kalau Johan masih ingat di materi sebelum UTS, bahwa prinsip e-Learning harus mengandung 5 hal penting: terdapat sarana Sharing Materi, Forum Diskusi/Chat, Sarana Kuis, Sarana Asesmen/Pembahasan Tugas, dan Pelaporan Hasil Belajar/Grade Report. Jadi, silahkan setelah itu website Anda modifikasi dengan sarana-sarana tersebut. Selamat mencoba

  2. syahrial "arix" syarief says:

    kuiznya masih belum ada ya pak!!

  3. deny 06.04997 says:

    pak priyoo…….
    saya ingin ikut quiiz tapii tidak tau nge klik link yang mana….
    hehehhe….
    padahal sudahh saya carii tapi cuma coment saja..
    terima kasihh…

    • Kuisnya lihat dulu Anda masuk Kategori Kuliah apa? Kalau Anda dari Mahasiswa Informatika, coba pilih Kategori Konsep Teknologi. Di situ ada dua materi, kuisnya ada di Materi Teknologi dalam arti Luas, bukan di tentang Web Design ini ya? Materi ini masuk Kategori Kuliah Studio Desain Produk 5.

  4. pak, saya kok tidak paham bagaimana ikut quiznya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: