QFD (Quality Function Deployment)

Penyebaran Fungsi Kualitas/ Quality Function Deployment (QFD) adalah sebuah “metode untuk mengubah permintaan pengguna ke dalam kualitas desain, untuk menyebarkan fungsi membentuk kualitas, dan untuk menyebarkan metode untuk mencapai kualitas desain menjadi subsistem dan komponen bagian, dan akhirnya menjadi unsur-unsur teknis tertentu dari proses produksi”, seperti yang dijelaskan oleh Dr Yoji Akao, pengembang pertama QFD di Jepang pada tahun 1966.

Awalnya, karyanya ini masuk dalam jaminan kualitas dan pengawasan poin mutu dengan penyebaran fungsi yang digunakan dalam Rekayasa Nilai.Untuk presentasi lengkap tentang metode ini, Anda dapat mendownloadnya di materi Product Development Process 1

Dan untuk tutorial pengerjaan QFD, Anda bisa melihat animasi QFD TUTORIAL

Sedangkan apabila Anda tertarik untuk menggunakan template QFD dalam format excel, Anda dapat mendownloadnya di sini.

Ok, Selamat Belajar dan Tetap Semangat!!!

Iklan

8 Responses to QFD (Quality Function Deployment)

  1. najib says:

    selamat pg, pak.apakah masih hanya dua tugas ini yang baru di rilis.bukan apa-apa, tapi saya khawatir, apakah mungkin saya sudah ketinggalan tugas2 sebelumnya.trima ksh, pak

    • Betul Najib. Coba Anda pelajari secara khusus tentang QFD ini,…. Karena materi selanjutnya adalah lebih kepada praktek metode ini dikaitkan dengan Proyek Desain Produk Anda,…Desain Packaging, ya?

  2. demoffy says:

    aku belum ngerti tentang QDF tapi..

    ya harus semangat.!!!

    • QFD lebih dari sekedar metode atau alat, lebih tepatnya sistim. Coba anda download semua materi yang ada di blog saya atau kalau ingin lebih jelas lagi, silahkan kunjungi qfdonline.com, terima kasih.

  3. tsalis.16.00084 says:

    Slmat siang pak..! Sy mau tanya..Apakah perancngan produk dg metode QFD juga membandingkan dengan produk kompetitor nya? Mksih sbelumnya..

    • Betul Tsalis, libatkan kompetitornya. Oh ya kamu tetap harus ikut mata kuliah ini ya, walaupun UTS kemarin dicoret karena tidak hadir/salah jadwal. Saya sudah mencek daftar hadir UTS anda. Tetap semangat sampai akhir.

  4. u-n1a . w . 00112 says:

    mlm bpk.^^
    mf pak sbelumny,bnernya bru mlm ni saya buka blog bpk scr lngsng (byasanya cman lwat tny2 tmen ja, hhe..^^,mf lo pak). ktanya mg blm ada kuisny ya pak..?! atw saya yg g tw…krna bingung u/ join kuisny 2h dmananya pak…saya baru sekedar memahami materi yang tersedia saja…baru i2 pak…mkasih sebelumnya.

  5. Ping-balik: TIP & TRIKs Penyusunan Cepat QFD « Probolecturing's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: