Rekayasa Teknologi

1.      Pendahuluan

Teknik atau rekayasa adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Hal ini diselesaikan lewat pengetahuan, matematika dan pengalaman praktis yang diterapkan untuk mendesain objek atau proses yang berguna. Para praktisi teknik profesional disebut insinyur (sarjana teknik).

Menurut sejarahnya, banyak para ahli yang meyakini kemampuan teknik manusia sudah tertanam secara natural. Hal ini ditandai dengan kemampuan manusia purba untuk membuat peralatan peralatan dari batu. Dengan kata lain teknik pada mulanya didasari dengan trial and error untuk menciptakan alat untuk mempermudah kehidupan manusia.

Sumber: http://3.bp.blogspot.com/_GQ5joS9tRLc/Sds0P5oq-xI/AAAAAAAAAAM/uGSgWdQ40RE/S1600-R/gambar+TI.jpg

Seiring dengan berjalannya waktu, ilmu pengetahuan mulai berkembang, dan mulai merubah cara pandang manusia terhadap bagaimana alam bekerja. Perkembangan ilmu pengetahuan ini lah yang kemudian merubah cara teknik bekerja hingga seperti sekarang ini.
Orang tidak lagi begitu mengandalakan trial and error dalam menciptakan atau mendesain peralatan, melainkan lebih mengutamakan ilmu pengetahuan sebagai dasar dalam mendesain.

2.      Cabang-cabang rekayasa

Cabang- cabang teknik dalam perkembangannya telah terbagi menjadi beberapa bidang, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Teknik elektro
  • Teknik fisika
  • Teknik geodesi dan geomatika
  • Teknik industri
  • Teknik Informatika
  • Teknik Komputer
  • Teknik kimia
  • Teknik lingkungan
  • Teknik material
  • Teknik mesin
  • Teknik molekular
  • Teknik nuklir
  • Teknik penerbangan
  • Teknik perminyakan
  • Teknik pertambangan
  • Teknik pertanian
  • Teknik sipil

Bagaimana dengan Teknologi Informasi?

Teknologi Informasi dilihat dari kata penyusunnya adalah teknologi dan informasi. Secara mudahnya teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan:

  • lebih cepat
  • lebih luas sebarannya, dan
  • lebih lama penyimpanannya.

3.      Sejarah Teknologi Informasi

Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu hanya pada saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya itu saja. Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengar, informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.

Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.

Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.

Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, tv, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.

Untuk memberikan gambaran bagaimana teknologi informasi ini berkembang dan menunjukkan potensinya, Silahkan lihat tampilan video berikut:

Iklan

9 Responses to Rekayasa Teknologi

  1. ahmad sahroni says:

    pak, nggak ada kuiznya kan pak?

  2. ahmad sahroni says:

    pak, nggak ada kuiznya kan pak yang Bab Rekayasa Teknologi?

  3. Desintya says:

    pagi pak….
    maaf pak mau tanya….
    pada materi konsep teknologi yang baru ini tidak terdapat kuis..apakah memang tidak ada kuisnya y pak?
    terimakasih

  4. andri says:

    maaf pak…..
    saya mau bertanya mengenai materi yang akan diUAS kan pak………
    materi yang kluar apa semua bab yang ada di sini pak….

  5. Ari Faradisa says:

    kutipan di 3:50 :
    “for students starting a 4 year technical degree this mean that.. half of what they learn in their first year of study will be outdated by their third year of study”

    maksudnya gimana ini pak? berarti ilmu di taun pertama percuma gitu?

    • Yap, …tepat sekali. Hal tersebut mungkin dan sangat mungkin terjadi karena pergerakan teknologi informasi yang begitu cepat. Anda, saya dan kita semua dituntut untuk selalu Update. Sebenarnya hal ini sudah diaminin oleh para leluhur kita dengan pepatahnya: “BELAJARLAH SAMPAI KE LIANG KUBUR”. Konteks tersebut tidak hanya dari segi ilmu filsafat, sosial, dsb, melainkan juga termasuk teknologi…..Apalagi, teknologi….

  6. moch lutfi says:

    pagi pak…
    jadi teknologi termsuk hal baru dari sekian banyak teknik yang ada…..
    pak jadi temuan dari teknologi termasuk paling sedikit dong dari yang lain???

  7. riski kurniawan says:

    bapak aku mau tanya,yang dimaksud trial and error itu apa?? tolong dijelaskan ya…..

  8. Ari Faradisa says:

    Trial and Error = Coba-coba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: