Fungsi dan Desain Kabinet

Ada suatu masa ketika lemari/kabinet dulu dianggap hanya sebagai ruang penyimpanan; mereka dibangun sebagai rak biasa dengan rak untuk menyimpan item di dapur, kamar mandi, kamar tidur, garasi, sekolah, rumah sakit, dan kantor. Tapi, dengan ide-ide perubahan dalam arsitektur dan desain interior, dan pemaparan konsep desain global dan tren melalui internet dan media lainnya, orang-orang lebih peduli tentang estetika dibandingkan fungsi dari lemari itu sendiri.

Bagi mereka yang ingin untuk membuat lemari/kabinet/rak, ada banyak sumber daya online dan alat-alat yang menyediakan kabinet gratis desain dan rencana-rencana, dan membantu Anda untuk membangun lemari/ kabinet/rak Anda sendiri. Keindahan juga dapat tersusun karena kepraktisannya, kemudahannya dan sifatnya yang mampu konfigurasi dalam hitungan menit. Dibawah ini adalah beberapa contoh rak, meja, meja kerja, meja kopi, tempat tidur, dengan proses konfigurasi dan produksi yang mampu disesuaikan dengan kebutuhan.

Ide Rak buku kayu Geometris ini didasari oleh pemikiran tentang fungsi dan kemudahan konfigurasinya. Bentuk Box akan lebih mudah diatur sesuai keinginan dalam segi penataan/penempatannya untuk berfungsi sebagai penyimpanan.

Teknik produksinya juga relatif lebih mudah dan murah dalam segi biaya. Kebutuhan peralatan penunjang supaya pekerjaan lebih cepat diselesaikan adalah dengan menggunakan Hand Tools (Paku Tembak Pneumatik). Bahan habis diantaranya adalah selain multiplek, yakni lem kayu, paku tembak, screw untuk merekatkan konfigurasi antar box, dan juga veneer untuk melapis pinggiran box yang terlihat.

Tambahan nilai estetika dapat juga dengan penambahan pintu sebagai wajah dari rak/ kabinet ini.

Untuk proses desain dan produksi kabinet bedset ini sendiri juga realtif sama dengan pembuatan rak serbaguna di atas.

Nilai lebih dari produk rak ini adalah dari nilai tambah atas fungsi, yakni selain sebagai penyimpanan juga efektif sebagai penyangga tempat tidur, dan dari sisi penyimpanannya lebih efektif dan efisien karena sistimnya yang dapat terkategorisasi menurut jenis barang yang disimpan.

Nilai tambah lainnya adalah konfigurasinya yang juga mudah dengan bentuk geometri box. Bahan habis yang digunakan adalah selain multiplek, yakni lem kayu, paku tembak, screw, serta tidak lupa adalah pita veneer.

Sumber pustaka:

http://acengm.wordpress.com/category/wood-finishing/

Joseph Truini, How to turn easy-to-make DIY Boxes into flexible, furniture (www.popularmechanics.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: