PENGUMUMAN KELAS & MATERI PENGGANTI KONSEP TEKNOLOGI

Kepada Yth. Para Peserta Kelas Konsep Teknologi A3-Pagi,

Disampaikan permintaan maaf bahwasanya terjadi kesalahan pada saya secara pribadi yang menangkap kesepakatan pertemuan kelas pengganti kita pada hari Selasa, tetapi ternyata yang benar adalah pada hari Senin yang lalu di minggu ini.

Maka sebagai penggantinya, kelas akan diadakan dalam bentuk DISKUSI FORUM BY ONLINE terkait topik dengan mempertimbangkan partisipasi anda di dalamnya sebagai absensi kehadiran. Batas pemasukan pendapat adalah sampai dengan besok, tanggal 14 Oktober 2010, pukul 14.30.

Topik yang akan kita bahas adalah BUDAYA & TEKNOLOGI. Di bawah ini ada sebuah tulisan artikel yang dapat menjadi diskusi menarik di antara kita. Silahkan anda kirim komentar-komentar Anda dan saling memberikan pendapat secara bebas tetapi tetap ilmiah, dengan jangan lupa, setelah berkomentar, akhiri dengan Nama dan NPM Anda. Terima kasih.

Materi dan sumber:

Jumat, 02/10/2009 12:10 WIB
Batik dan Teknologi
Software Batik Hingga Canting Elektronik
Ardhi Suryadhi – detikinet

Jakarta – Walau berlabel warisan budaya, batik juga bisa berjalan seiringan dengan kemajuan teknologi. Mulai dari software unik yang dapat membantu mendesain pola batik hingga canting elektronik sudah dikembangkan putra-putri Indonesia.

Jbatik adalah sebuah perangkat lunak yang mampu menciptakan motif-motif batik modern dengan basis desain batik tradisional. Aplikasi yang menggabungkan nilai budaya dan teknologi informasi ini menunjukkan bahwa TIK dan budaya bukan dua wilayah yang terpisah. Bahkan kolaborasi keduanya akan menciptakan nilai tambah yang sangat besar.

Inovasi ini berhasil memetakan pola-pola batik secara matematis kemudian diterjemahkan ke dalam perangkat lunak sehingga dapat menciptakan pola-pola batik yang baru secara digital.

Dalam perangkat lunak JBatik, mula-mula gambar batik diolah dan dibuat distribusi frekuensinya. Kemudian dimensinya dihitung dan dibuat fraktalnya. Yang luar biasa adalah dari satu rumus dapat dihasilkan banyak motif desain.

Dengan inovasi yang luar biasa tersebut, tak ayal software karya Pixel People Project ini menyabet penghargaan INAICTA 2008. Pengakuan terhadap kreativitas digital anak bangsa ini pun berlanjut hingga ke tingkat internasional.

JBatik memperoleh penghargaan Asia Pacific ICT Award (APICTA) 2008 untuk kategori ‘Tourism and Hospitality’ dan UNESCO 2008 Award of Excellence sebagai ‘Stamp of Approval’ yang menunjukkan produk ini memiliki kualitas tertinggi pada level internasional dan berpotensi besar untuk masuk pasar dunia.

Selain dari sisi software, ‘perkawinan’ batik dan teknologi juga dapat kita temui pada kehadiran canting elektronik. Canting merupakan senjata utama para pembatik untuk membuat motif di atas kain.

Namun berbeda dengan cara tradisional, canting elektronik ini menggunakan listrik untuk memanaskan malam/lilin dalam membentuk pola di atas kain, sehingga suhu panas dari canting pun bisa dihasilkan dengan lebih baik.

Untuk menggunakan alat ini, pertama-tama pola batik dari kertas yang sudah dibuat harus diletakkan di atas alas lalu ditutupi dengan kaca dan bahan. Selain itu, di bawah alas yang digunakan juga terdapat lampu untuk menerangi pola yang akan dikerjakan.
( ash / faw )

Iklan

33 Responses to PENGUMUMAN KELAS & MATERI PENGGANTI KONSEP TEKNOLOGI

  1. Mediar Beritano says:

    saya setuju sk\ekali dg penggabungan antara teknologi & budaya. Krn, di jaman millenium baru ini kita dituntut paham & kritis akan perkembangan teknologi yg semakin maju pesat! maka, dngan adanya “perkawinan” antara budaya & teknologi ini diharapkan bisa menjadikan bangsa kita lebih maju & dapat bersaing dngan negara2 maju lainnya. Misal, batik merupakan warisan budaya dari leluhur kita yg wajib untuk dijaga & dilestarikan. Dngan adanya penggabungan antara batik & teknologi ini, kita bisa memasarkan batik dngan mudah melalui situs2 tsb, di pasar global dan dunia internasionaL. Maka, hendaknya generasi2 muda bisa mengembangkan pengetahuan & wawasannya tentang IPTEK, shingga warisan budaya kita bisa dikenal dunia internasional & kita bisa dihargai & dihormati sbg negara yg besar & kaya akan budaya. Sekian komentar dr saya mengenai Hubungan Budaya & Teknologi. Trima kasih…
    nama : Mediar Beritano
    NPM : 06.2010.1.05706

  2. Mediar Beritano says:

    Mediar Beritano :
    saya setuju sekali dg penggabungan antara teknologi & budaya. Krn, di jaman millenium baru ini kita dituntut paham & kritis akan perkembangan teknologi yg semakin maju pesat! maka, dngan adanya “perkawinan” antara budaya & teknologi ini diharapkan bisa menjadikan bangsa kita lebih maju & dapat bersaing dngan negara2 maju lainnya. Misal, batik merupakan warisan budaya dari leluhur kita yg wajib untuk dijaga & dilestarikan. Dngan adanya penggabungan antara batik & teknologi ini, kita bisa memasarkan batik dngan mudah melalui situs2 tsb, di pasar global dan dunia internasionaL. Maka, hendaknya generasi2 muda bisa mengembangkan pengetahuan & wawasannya tentang IPTEK, shingga warisan budaya kita bisa dikenal dunia internasional & kita bisa dihargai & dihormati sbg negara yg besar & kaya akan budaya. Sekian komentar dr saya mengenai Hubungan Budaya & Teknologi. Trima kasih…
    nama : Mediar Beritano
    NPM : 06.2010.1.05706

  3. SYAFIUL ANAM says:

    Menurut saya budaya dan tehnologi dapat di gabungkan, tapi budaya pun bisa berdiri sendiri tanpa adanya tehnologi, tapi jika di gabungkan dengan tehnologi kita tentu lebih mudah untuk mengerjakan sesuatu budaya tersebut

    seperti yang di bahs di atas memang batik tanpa tehnologi bisa di kerjakan tapi setelah di gabungkan tehnologi maka di temukanlah sebuah software untuk mempermuudah pembuatan batik tersebut
    Trus tak luput dari software yaitu tehnologi internet, kita bisa memasarkan produk batik tersebut lewat internet dan iklan tersebut akan dapat di sebarluuaskan hanya dengan sekali klik !!
    Sekian dari saya

    NAMA: SYAFIUL ANAM
    NPM : 06.2010.1.05718

  4. Dhiki Firdaus says:

    Dengan adanya Jbatik,itu mengungkapkan bahwa adanya suatu hubungan yang saling terkait antara teknologi dengan budaya.
    budaya,yang yang harus dilestarikan yang kini telah hampir terlupakan telah muncul kembali dengan adanya jbatik.
    adanya jbatik dikarenakan adanya suatu dukungan yang menginginkan suatu yang sulit (contoh membuat batik) ingin dijadikan menjadi lebih simpel dan mudah.
    teknologi,mendukung hal tersebut. sehingga, teknologi membantu budaya dalam melestarikannya. namun,dengan adanya teknologi yang masuk ke dalam budaya, hal itu tidak akan merubah apapun dalam isi budaya tersebut.
    malah akan membantu menciptakan kreasi yang lebih banyak dalam berkarya.
    sehingga dalam hal ini bisa dismpulkan bahwa,bila mana kita menganggap bahwa selama ini dengan adanya teknologi budaya akan tersingkir,namun dengan dibuktikannya jbatik maka hal itu terpatahkan. teknologi malah akan mendukung dalam melestarikan budaya.

    NAMA : DHIKI FIRDAUS
    NPM : 06.2010.1.05685

  5. Affrizal Rizkillah says:

    Ternyata Teknologi juga bisa dipadukan dengan budaya tradisional, sehingga menciptakan sebuah karya yg lebih variatif dan menarik.. dengan kreatifitas yang lebih berkembang juga… Jadi Keberadaan teknologi sangat berperan dalam kehidupan manusia..

    Nama : Affrizal Rizkillah
    N.P.M. : 06.2010.1.05713
    Teknik Informatika

  6. beny ary says:

    apakah diSBY sudah ada canting seperti itu,,,
    atau masih ditempat tertentu saja!!!!!!
    BENY ARY DWI MAHENDRA.06.2010.1.05670

  7. Halimur Rosyid says:

    kalau boleh tahu
    canting si Surabaya ada dimana pak?…..
    Halimiur Rosyid.06.2010.1.05690

  8. firman feby saputra says:

    JBatik sangat bermanfaat bagi pengembangan batik din kanca internasional

    firman feby saputra
    06.2010.1.05676

  9. belajar batik lebih mudah pake photoshop, mungkin indonesia juga mengeluarkan plugin khusus untuk membuat batik dari komputer.

    by : Rachmad Alif Firdaus
    NPM : 06.2010.1.05652

  10. beny ary says:

    apakah canting tersebut sudah beredar di masyarakat luas? atau masih dikalangan tertentu????
    BENY ARY DWI MAHENDRA.06.2010.1.05670

  11. mohammad abdul basit says:

    Jbatik sangat terkenal namanya di indonesia,bahkan sudah menyebar di dunia internasional dan juga sudah di tetapkan hari jadi batik yaitu tanggal 2 oktober,jadi kalau Jbatik di kolaborasi dengan teknologi akan sangat menguntungkan bagi banyak orang,bahkan akan membawa nama besar bangsa indonesia karena adanya softwere Jbatik.

    Mohammad Abdul Basit
    06.2010.1.05703

  12. ery yassy syafitri says:

    Kreatifitas aanak bangsa dengan teknologi ternyata berperan penting terhadap perkembangan budaya tradisional batik di indonesia serta ikut memajukan budaya indonesia kita sendiri.

    Nama: Ery Yassy Syafitri
    N.P.M. : 06.2010.1.05635

  13. Faernando.kurniawan says:

    batik adalah sebuah perangkat lunak yang mampu menciptakan motif-motif batik modern dengan basis desain batik tradisional. Aplikasi yang menggabungkan nilai budaya dan teknologi informasi ini menunjukkan bahwa Tika Bahwa budaya bukan dua wilayah yang terpisah. Bahkan kolaborasi keduanya akan menciptakan nilai tambah yang sangat besar.

    Nama : Faernando.kurniawan
    NIM : 06.2010.1.05692

  14. DWI SATRIO INDRAJAYA says:

    Saya sangat setuju dengan pernyataan di atas dan dapat disimpulkan bahwa dengn adanya perpaduan antara teknologi dengn budaya Budaya tesebut dapat berkembang pesat dan mudah dalam pembuatannya… Contoh: kini telah dicipatakan suatu software seperti Jbatik dengn adanya software tersebut pemabuatan batik jd lebih mudah dan bisa digunakan semua orang…
    Sekian dari saya Terima kasih…………
    DWI SATRIO INDRAJAYA(06.2010.1.05675)

  15. serfi 06.2010.1.05632 says:

    ini adalah prestasi yang hebat dengan penamuan jbatik ini di harapkan mampu mendongkrak nilai ekspor di bidang batik, tapi ada sedikit yang mengganjal di hati saya, jbatik ini kan merupakan software paling tidak penggunanya sedikit banyak harus mengetahui tentang pengoperasian komputer di dalam ini mengoperasikan soft eare jbatik,terus bagaimana nasib para pengerajin batik tradisional yang gaptek ? menurut saya ini prestasi anak bangsa yang hebat jika para pengerajin tradisional juga bisa memanfaatkan teknologi ini ?
    jika para pengerajin tradisional ini tak bisa menggunakan jbatik ini kan akan menambah problem, para pengerajin batik terdisional sedikit banyak akan terancam keberadaanya dengan software – software seperti jbatik ini,
    dari komentar saya yang ruwet tadi saya simpulkan jbatik adalah software hebat yang mampu membuat batik dengan hampir sempurna, tapi lebih hebat lagi jika jbatik ini dapat di manfaatkan oleh seluruh pengerajin batik tidak hanya orang yang mengerti komputer saja utamanya adalah pengerajin batik tradisional.

    thank, serfiimanan 06-2010-1-05632

  16. teddy suwondo says:

    saya senang dengan adanya software JBatik, karena dapat mencetak banyak motif-motif batik yang rapi. Tapi menurut saya, akankah JBatik akan menggeser pembuat batik tradisional ? ini disebabkan karena hasil JBatik yg lebih bagus dan lebih rapi pembuatannya dibandingkan dengan buatan tangan. Hasil JBatik akan banyak menarik perhatian masyarakat karena motif ini mamakai perhitungan atau cara yang lebih canggih sehingga hasilnya pun juga berkualitas. Memang dengan adanya ini, indonesia akan lebih maju dalam pembuatan motif-motif batik, Tapi, gimana nasib para pembuat batik tradisional,,,? mereka pun tak mempunyai alat elektronik yang bisa menjalankan JBatik. akankah mereka tergantikan begitu saja,? hasil mereka pun mungkin juga akan kalah bersaing di pasaran. terima kasih. sekian dari saya.

    TEDDY SUWONDO
    06.2010.01.05667

  17. teddy suwondo says:

    saya senang dengan adanya software JBatik, karena dapat mencetak banyak motif-motif batik yang rapi. Tapi menurut saya, akankah JBatik akan menggeser pembuat batik tradisional ? ini disebabkan karena hasil JBatik yg lebih bagus dan lebih rapi pembuatannya dibandingkan dengan buatan tangan. Hasil JBatik akan banyak menarik perhatian masyarakat karena motif ini mamakai perhitungan atau cara yang lebih canggih sehingga hasilnya pun juga berkualitas. Memang dengan adanya ini, indonesia akan lebih maju dalam pembuatan motif-motif batik, Tapi, gimana nasib para pembuat batik tradisional,,,? mereka pun tak mempunyai alat elektronik yang bisa menjalankan JBatik. akankah mereka tergantikan begitu saja,? hasil mereka pun mungkin juga akan kalah bersaing di pasaran. terima kasih. sekian dari saya.

    TEDDY SUWONDO
    06.2010.1.05667

  18. Rachmad Alif Firdaus says:

    Membuat batik lebih enak pake komputer, apalagi pake photoshop,,

    wuiiih.

    Rachmad Alif Firdaus
    06.2010.1.05652
    Informatika

  19. adisurya.w says:

    software ini memamg bagus,dan layak untuk di aplikasikan ke batik.tapi dengan adanya software ini apakah perajin2 batik tradisional yang gaptek akan teknologi bisa menggunakannya?
    dan jika tidak bisa di gunakn atau susah di pahami(penggunaanya) untuk para perajin tradisional yang hasil karyanya tidak bisa banyak dan cepat di bandingkan jika menggunakan software trsebut. apakah tidak merugikan prajin2 batik tradisional tersebut……
    ADISURYA 06-2010-1-05677

  20. memang di era globalisasi ini IT sangat penting,contohnya pengembangan JBatik itu dan canting elektronik…Tapi sepertinya para pengrajin batik tidak terlalu memprioritaskan teknologi canting elektronik itu..karena menurut pengalaman saya,kemampuan para pengrajin yg sudah bergelut dibidangnya selama bertahun-tahun akan mati,mereka tidak akan memiliki pekerjaan lagi dikarenakan sudah tergantikan dengan adanya alat tersebut…Tapi dilain pihak (selain para pengrajin batik),canting elektronik sangat berguna uttk kepentingan perusahaan yg ingin memproduksi baik dengan cepat..Tapi sepengetahuan saya,setiap barang yg diciptakan oleh tangan pengrajinnya akan jauh lebih mahal dan berkualitas..contohnya,saya lihat di televisi tentang pembuatan ‘songket’ bahwa perbedaan kualitas dan kuantitas sebuah ‘songket’ terletak pada siapa yg membuatnya…

    Jadi memang dengan adanya teknologi tersebut,ada pihak yang diuntugkan bahkan juga ada yg dirugikan..jadi menurut saya,tidak apa-apa jika ingin menciptakan suatu teknologi baru tapi kita juga harus memperhitungkan apakah teknologi yg kita ciptakan menguntugkan orang lain atau malah justru merugikan orang tertentu….

  21. Kristanto A 06.2010.1.05695 :
    memang di era globalisasi ini IT sangat penting,contohnya pengembangan JBatik itu dan canting elektronik…Tapi sepertinya para pengrajin batik tidak terlalu memprioritaskan teknologi canting elektronik itu..karena menurut pengalaman saya,kemampuan para pengrajin yg sudah bergelut dibidangnya selama bertahun-tahun akan mati,mereka tidak akan memiliki pekerjaan lagi dikarenakan sudah tergantikan dengan adanya alat tersebut…Tapi dilain pihak (selain para pengrajin batik),canting elektronik sangat berguna uttk kepentingan perusahaan yg ingin memproduksi baik dengan cepat..Tapi sepengetahuan saya,setiap barang yg diciptakan oleh tangan pengrajinnya akan jauh lebih mahal dan berkualitas..contohnya,saya lihat di televisi tentang pembuatan ‘songket’ bahwa perbedaan kualitas dan kuantitas sebuah ‘songket’ terletak pada siapa yg membuatnya…
    Jadi memang dengan adanya teknologi tersebut,ada pihak yang diuntugkan bahkan juga ada yg dirugikan..jadi menurut saya,tidak apa-apa jika ingin menciptakan suatu teknologi baru tapi kita juga harus memperhitungkan apakah teknologi yg kita ciptakan menguntugkan orang lain atau malah justru merugikan orang tertentu….

    Kristanto A (06.2010.1.05695)

  22. Rachmad Alif Firdaus says:

    yang penting batik itu asli punyanya orang indonesia. titik !!!

    Rachmad Alif Firdaus
    06.2010.1.05652

  23. dodi suripto says:

    yang penting batik indonesia tidak di akui oleh negara lain,
    hidup batik indonesia

    HIDUUUUUUUUUUPPPP !!!!!!!!!!!!!!!!!

  24. beny suprayitno says:

    saya sangat salut dengan adanya jbatik ini,kaena bisa membantu para pengrajin yang tadinya dalam sebulan hanya mampu memproduksi beberapa helai kain batik dengan adanya jbatik mereka bisa memproduksi sekian lebih banyak dibanding menggunakan tenaga tangan,jadi dengan adanya jbatik ini mungkin dapat membantu para pembatik mendapat keuntungan yang lebih besar.
    beny suprayitno
    06.2010.1.05717
    A3/PAGI

  25. dodi suripto says:

    dodi suripto :
    yang penting batik indonesia tidak di akui oleh negara lain,
    hidup batik indonesia
    HIDUUUUUUUUUUPPPP !!!!!!!!!!!!!!!!!

    dodi suripto :
    yang penting batik indonesia tidak di akui oleh negara lain,
    hidup batik indonesia
    HIDUUUUUUUUUUPPPP !!!!!!!!!!!!!!!!!
    DODI SURIPTO
    NPM 06-2010-1-05654

  26. Peppy Kusumawati says:

    Batik dan teknologi, dua kata yang dapat menimbulkan konotasi makna berkebalikan dalam segi waktu. Mendengar kata Batik, pikiran kita akan terarah pada produk atau karya seni jaman dahulu. Sedangkan teknologi akan berkonotasi pada jaman sekarang yang penuh dengan kecanggihan masa modern dan jauh dari nilai-nilai jaman dahulu. Namun demikian konotasi tersebut akan segera berubah apabila kita telah melihat perpaduan Batik dan Teknologi yang terintegrasi dalam sebuah HP bernuasa Batik, menarik dan mengagumkan bukan? 😀

    Kecanggihan teknologi ternyata semakin cantik bahkan setelah bersentuhan dengan karya seni Batik. Selain perpaduan tadi, kolaborasi bermetamorfosis menjadi berbagai bentuk yang menarik setelah bersentuhan dengan tangan-tangan kreatif para pengrajin Batik di Yogyakarta. Di Yogyakarta seni batik berkolaborasi dengan sangat anggun dengan berbagai peralatan dan pernak pernik kebutuhan masyarakatnya. Pada bagian ini akan dibahas mengenai kerajinan batik khususnya batik kayu (wood batik).

    Peppy Kusumawati 06-2010-1-05708

  27. Faizal Kurniawan says:

    Dengan penemuan jbatik ini,mungkin sangat menguntungkan bagi pabrik tekstil batik. Karena dengan adanya jbatik proses produksi batik akan meningkat dengan tajam,yang biasanya dikerjakan dengan manual yaitu dengan tangan, tapi sekarang sudah memakai mesin yang dioperasikan oleh software jbatik, maka dengan itu proses produksi akan meningkat dari biasanya. Dan ekspor batik akan meningkat tajam, sehingga akan menguntungkan negara kita ini yang terkenal dengan budaya batik.

    Faizal Kurniawan
    06.2010.1.05691
    A3-Pagi

  28. PRASTIKA BAYU ANGGRIAWAN says:

    Dalam benak hati saya ketika mendengar kata batik adalh bangga, karena batik kita di akui oleh dunia.
    saya sangat setuju dengan jbatik,dengn adanya jbatik kita dapat lebih mengenalkan kualitas dan mutu dari batik kita yang begitu beranekaragam,dan degan adanya jbatik ini kita bisa begitu cepat untuk mempromosikan atau mengeksplor dengan begitu cepat untuk mengenalkan kepada dunia. tetapi dengn adanya jbatik ne akan dapat menghilangkan kualitas pembuatan batik itu sendiri,yang seharusnya kita buat melalu tangan-tangan kreatifitas kita, dengan adanya jbtik ne malah kita menghilangkn proses pembuatan batik itu sebenarnya.
    dengan kata lain jbatik ini baik,tetapi akan lebih baik batik-batik tradisional kita dalam segi pembuatan batik itu sendiri.

    Prastika bayu anggriawan 06.2010.1.05693
    Kls A3/pagi

  29. Chukma Indah Yani says:

    Batik adalah budaya asli Indonesia yang memiliki nilai seni yang sangat tinggi.

    Ternyata setiap guratan yang digariskan dalam motif batik memiliki pola tersendiri. Dengan sentuhan tenologi, pola batik tradisional tersebut dapat dimodelkan dalam rumus matematika yaitu Fraktal. Oleh karena itu, terciptalah sebuah teknologi bernama Batik Fraktal.

    Batik Fraktal pertama kali diperkenalkan bulan Februari 2009 dan kini teknologi yang berasal dari Bandung tersebut telah lebih dikembangkan dan telah memasuki versi 2.0.

    Walaupun ada anggapan bahwa hal tersebut dapat menghilangkan kebudayaan namun pada dasarnya Batik Fraktal lebih ditujukan untuk membuat varian batik yang lebih beragam.

    Batik Fraktal akan mengembangkan pola batik menjadi lebih beragam secara lebih cepat tanpa, menghilangkan pola asli dari batik itu sendiri.

    Chukma Indah Yani 06-2010-1-05709

  30. INGGIT DEVIANITA says:

    bangga jadi warga negara Indonesia,yang
    memiliki beraneka ragam kebudayaan dan anak muda yang berpotensi.
    Jbatik sangat efektif, dan alangkah baik dikembangkan dan diperkenalkan dimancanegara.
    Agar kebudayaan dan potensi negeri kita tidak dicopy paste dengan negara lain .

    INGGIT DEVIANITA
    06.2010.1.05634
    INFORMATIKA 2010

  31. Faizal Rezha Setiawan says:

    Bapak priyo saya rasa para maba belum terbiasa dengan berforum ria, ini tadi juga salah dapat informasi, saya kira besok terakhir.
    komentar saya tentang temuan yang bapak muat sangat menunjukkan masih banyak pemuda peduli akan nasib batik indonesia, mungkin yang paling dinanti adalah temuan-temuan untuk melestarikan warisan budaya yang lainnya plus untuk mematenkan warisan budaya tersebut agar tidak diklaim pihak asing.

    Faizal Rezha S
    06.2010.1.05619

  32. ADISURYA.W says:

    apakah tidak merugikan para perajin2 batik tradisional jika software ini d terapkan k batik?
    soalnya kebanyakan para pebatik tradisional kebanyakn orang2 tua yang gaptek akan teknologi!
    jika software ini d terapkan pasti produksi yang di lebih banyak & harga yg d tawarkan k pasar relatif murah karena proses pengerjaannya tidak menggunakan manual.
    sedangkan batik yang di kerjakan secara manual hasil produksi yang di keluarkan kepasaran relatif sedikit dan harganya mahal!!! dan para konsumen pasti berpaling k produk batik yang menggunakan software jbatik karena harga yang murah.
    terus bagimana solusinya jika software ini suda membumi bagi para pebatik tradisional yang masih menggunakan cara manual….
    By ADISURYA.WIDIYATNO 06-2010-1-05677

  33. surya wijaya ang says:

    maaf pak saya terlambat,,,,mnurut saya budaya itu harus dilestarikan wlau dengan semkin brkembangnya tekhnologi,,,jangan sampai tekhnologi yg ada malah merusak budaya kita sendri dan berdampak pada rakyat kecil…makasih,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: